Pendinginan Udara pada Sepeda Motor

Kita Punya - Pendinginan Udara pada Sepeda Motor. Pada motor yang menggunakan sistem pendinginan udara, panas motor diambil langsung oleh udara melalui sirip-sirip pendingin. Sirip-sirip ini dipasangkan di sekeliling silinder dan kepala silinder. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat saja motor yang anda punya.
sirip sirip pada sepeda motor
Pendingin Udara dengan Sirip sirip
Pada pendinginan udara ini, hembusan udara terjadi pada saat kendaraan berjalan atau dilakukan oleh sebuah kipas. Konstruksi motor dengan pendinginan udara dibanding pendinginan air mempunyai  :
Keuntungan pendingin udara
Konstruksi lebih sederhana
Harga relatif lebih murah
Perawatan relatif tidak ada

Kerugian Pendinginan Udara
Pendinginan tidak merata

Untuk mengefektifkan pendinginan udara banyak dijumpai dengan menambah suatu kipas yang digerakkan langsung oleh poros engkol.
Pendinginan udara degan kipas
Pendinginan dengan kipas
Jika motor dihidupkan , maka kipas akan ikut berputar, sehingga udara dialirkan menuju sudu-sudu hantar ke sirip-sirip kepala silinder dan blok silinder. Dengan menggunakan kipas ini maka pendinginan akan lebih merata dibanding yang tidak memakai kipas, cara ini digunakan pada sepeda motor.

Contoh: Vespa, Suzuki Jet Cooled (RC), Yamaha Force 1, dan mobil, contoh: VW lama (Safari, Combi, Kodok).

Baca : Mengenal nilai oktan pada bahan bakar bensin

Oke, saya kira ini merupakan paragraf terakhir dari postingan kali ini, jangan dibaca kalau kalian sedang sibuk. Karena ini hanya digunakan agar postingan terlihat lebih panjang lagi, he he. Buat apa, ya buat iseng-iseng aja, biar tambah mantap posisi di search engine.
Load disqus comments

0 comments