Fungsi TANGKI BAHAN BAKAR

Fungsi TANGKI BAHAN BAKAR

Tangki bahan bakar berfungsi untuk menampung bahan bakar yang diperlukan selama perjalanan. Bahan tangki bahan bakar antara lain plat, almunium, plastik.  Tangki sepeda motor sport terletak didepan jok, dibuat menarik karena selain sebagai tangki juga sebagai asessoris sehingga desain menyatu dengan bodi kendaraan. Tangki sepeda motor cub diletakkan dibawah jok sehingga bentuk bukan pertimbangan utama.

Kapasitas tangki tergantung dari kapasitas mesin dan penggunaan sepeda motor. Misalkan: Sepeda motor Honda Tiger dengan kapasitas mesin 200 CC, jenis motor sport dan turing mempunyai tangki dengan kapasitas  13 liter dengan cadangan 2,5 liter. Sementara itu sepeda motor Kawasaki Ninja dengan kapasitas mesin 150 cc, jenis motor sport mempunyai tangki dengan kapasitas 10 liter, cadangan 2 liter.

 
Fungsi TANGKI BAHAN BAKAR
tangki bahan bakar

Pada tangki dilengkapi dengan tutup tangki. Fungsi tutup tangki antara lain:

  1. Menutup lubang pemasukkan bensin ke dalam tangki.
  2. Sebagai lubang pernapasan didalam tangki agar tangki tidak menjadi vacuum saat bensin berkurang 
Fungsi TANGKI BAHAN BAKAR
tutup tangki bahan bakar

Macam tutup tangki adalah:
  1. Brlather pipe type  yaitu tutup tangki dengan lubang pernapasan menggunakan pipa kecil, biasanya digunakan pada jenis motor cross
  2. Normal type yaitu tutup tangki yang paling banyak digunakan pada sepeda motor kapasitas kecil
  3. Check Valve type yaitu tutup tangki yang menggunakan check valve untuk mengontrol lubang pernapasan. Kelebihan tipe ini adalah saat sepeda motor roboh bensin tidak akan tumpah karena check ball akan membuka saluran pernapasan saat motor tegak, namun saat motor roboh maka check ball akan menutup lubang pernapasan sehingga bensin tidak tumpah.
baca juga : Fungsi saringan udara atau air filter 
Load disqus comments

0 comments