Pengertian Motor 4 tak dan 2 tak

Kita Punya - Pengertian Motor 4 tak dan 2 tak - Motor adalah sebuah engine yang mengubah energy kimia (bahan bakar) ditambah udara menjadi energy mekanik/gerak, sudah tahu kan sob, kalau energy itu tidak dapat dimusnahkan, tetapi hanya dapat dirubah kedalam bentuk energy lain, motor berdasarkan type nya dapat dibagi menjadi 3, motor 4 cycle engine (4 tak), 2 cycle engine (2 tak), dan motor wangkle. Berikut ini akan dijelaskan pengertian dari motor 4 tak dan 2 tak. Semoga bermanfaat.


Pengertian Motor 4 tak

Motor 4 tak atau 4 cicle engine adalah motor yang dalam satu siklus kerjanya membutuhkan 4 kali piston bolak-balik, 2 kali putaran poros engkol dan menghasilkan 1 kali langkah usaha. Contoh motor 4 tak : Honda supra, Yamah vega, Yamaha jupiter, Pithong dan lain sebagainya.


 Motor 2 tak

Motor 2 tak atau 2 cycle engine adalah motor yang dalam satu siklus kerjanya membutuhkan 2 kali piston bolak-balik, 1 kali putaran poros engkol dan  menghasilkan 1 langkah usaha. Contoh motor 2 tak : Yamaha RX King, Vespa, Kawasaki Ninja, Force One, dan lain sebagainya.
Nah.. kira-kira sobat sudah punya gambaran belum..? kalau sudah coba simbah tanya, kira kira dari ke 2 motor tersebut mana yang lebih cepat melajunya,? Jika cc kedua motor sama, dan anggap saja semua sama kecuali jenisnya.

Jawabannya :

Yang tercepat diantara keduanya adalah motor 2 tak,.. benar atau tidak jawaban sobat..? jika masih salah, coba sobat perhatikan lagi, dan baca berulang-ulang,.. nihh penjelasannya.. diatas kan sudah saya sebutkan, kalau motor 4 tak itu membutuhkan 4 kali piston naik turun dan 2 kali putaran poros engkol untuk menghasilkan 1 kali langkah usaha,
Sedangkan motor 2 tak hanya membutuhkan 2 kali piston naik turun dan 1 kali putaran poros engkol saja, untuk menghasilkan 1 langkah usaha.. jadi misalkan kedua motor tersebut sama sama sudah 12 kali piston naik turun, maka motor 4 tak akan menghasilkan 3 kali langkah usaha, sedangkan motor 2 tak menghasilkan 6 kali langkah usaha, hampir 1 : 2.. sudah jelas belum sob,..?

Langkah usaha ini nantinya akan diubah dengan mekanisme tertentu sehingga dapat menggerakkan sebuah motor atau mobil, semakin besar dan banyak langkah usahanya, maka semakin besar pula tenaga dan kecepatab mobil/motor tersebut. Sekarang udah jelas kan.. jika belum juga silahkan sobat bertanya pada guru ketika disekolah.

Mungkin ini saja yang dapat simbah sampaikan, kurang lebihnya saya mohon maaf, dan jangan lupa baca artikel yang lainnya, tidak hanya pengertian motor 4 tak dan 2 tak.. he he 
Load disqus comments

0 comments