Pengertian dan Manfaat Backlink

Pengertian dan Manfaat Backlink - Backlink adalah sebuah link yang berada bukan di blog kita sendiri, melainkan berada blog orang lain. misalnya, blog A membuat link yang mengarah ke blog B, artinya blog B tersebut mendapat backlink dari blog A. Secara garis besar link dapat dibagi menjadi 2 : yakni link nofollow dan link dofollow, link nofollow adalah sebuah link yang memerintahkan kepada searchengine untuk tidak mengikutinya, sedangkan link dofollow adalah sebuah perintah yang memerintahkan search engine untuk mengikutinya. Yang akan kita bahas tentunya link yang dofollow atau sebut saja sebagai backlink dofollow.  Backlink sangat berguna bagi perkembangan suatu blog, selain fungsi backlink untuk menarik visitor, backlink juga  digunakan sebagai optimasi seo off pege, optimasi ini bertujuan agar blog kita berada di urutan pertama atau minimal halaman pertama hasil pencarian search engine, untuk lebih jelasnya akan saya jelaskan manfaat – manfaat dari backlink berikut ini. sebelumnya saya minta maaf, karenagambar diatas tidak ada hubungannya dengan pengertian backlink dan manfaatnya. server sedang bermasalah soalnya.

Berikut ini manfaat-manfaat dari backlink : 

1. Mempercepat blog terindex search engine
  
Backlink dofolow dapat diibaratkan sebagai jembatan antara blog anda dengan search engine, karena dengan backlink dofollow tersebut, google spider dan search engine lainnya dapat mengcrawl/menelusuri blog anda, dengan begitu artikel terbaru blog anda akan dicrawl dan kemudian diindex oleh search engine.  
pengertian dan manfaat backlink
Pengertian dan manfaat backlink

2. Mendapat dan meningkatkan PageRank

Pagerank adalah sebuah algoritma yang telah dipatenkan (tidak dapat diubah lagi) yang menentukan situs/web/blog mana yang lebih penting/popular, atau sebuah kepercayaan yang diberikan search engine google kepadada suatu blog, nilainya dari 1-10, semakin besar semakin baik, artinya blog/situs yang mempunyai pagerank tinggi lah yang akan menang dalam persaingan didalam hasil pencarian search engine. Menurut para pakar seo backlink juga berepengaruh terhadap besar pagerank suatu blog, dihitung berdasarkan jumlah inbound link (link masuk/backlink) dan outbond link (link keluar), namun pagerank tidak hanya ditentukan oleh jumlah backlink, tetapi juga ditentukan oleh artikel yang berkualitas, penggunaan keyword dan meta tag yang tepat, dan lain sebagainya. Yang perlu anda tahu bahwa yang terpenting bukanlah jumlah backlink (kuantitas) melainkan kualitas dari backlink tersebut, bisa diibaratkan 1 backlink yang berkualitas akan lebih baik daripada 10 backlink yang tidak berkualitas. Ciri backlink yang berkualitas yaitu backlink tersebut berasal dari blog yang relevan (tema sejenis) dengan blog sobat, serta backlink yang berasal dari blog/situs yang berpagerank tinggi, dsb.

3. Merampingkan rank alexa

Hampir sama dengan google pagerank, backlink juga dapat meningkatkan suatu rank alexa suatu blog, hanya saja kalau google pagerank semakin besar semakin baik, kalau alexa ranx semakin kecil (ramping) maka semakin baik, sering kali kita temui dibawah informasi rank alexa, terdapat indikator yang menunjukan besar dari links in, links in inilah yang sering kita sebut sebagai backlink. Semakin banyak backlink yang berkualitas yang  kita miliki, semakin besar pula kesempatan kita untuk mendapatkan google pagerank dan alexa rank yang baik. 
  
4. Meningkatkan Traffic blog

Traffic adalah besar visitor yang berkunjung ke blog kita, dengan blog kita mendapatkan google pagerank dan alexarank yang baik, maka akan mempengaruhi posisi blog kita di hasil pencarian search engine, semakin google pagerank dan alexarank nya baik tentu posisi bog kita disearc engine akan baik pula, harapannya sih di urutan pertama atau di halaman pertama hasil pencarian search engine. Hubungannya dengan traffic yaitu dengan baiknya posisi blog kita dihasil pencarian search engine, maka semakin besar pula kesempatan blog kita untuk mendapatkan visitor. Tidak hanya itu dengan banyaknya backlink yang mengarah ke blog kita, kita juga akan mendapatkan kesempatan mendapatkan traffic dari klik backlink tersebut.

Mungkin ini saja yang dapat saya sampaikan, semoga artikel pengertian dan manfaat backlink ini dapat bermanfaat untuk kita semua,, aamiin.
Load disqus comments

0 comments