22 Istilah yang Perlu Seorang Blogger Ketahui

22 Istilah yang Perlu Seorang Blogger Ketahui - Kita Punya - Blog adalah suatu bentuk aplikasi web yang didalamnya terdapat berbagai postingan (yang berupa tulisan, gambar, video dll) dan bertujuan untuk menyediakan informasi bagi pengunjung, serta juga dapat dijadikan sebagai moneytize blog.. Nah.. Ketika sobat sudah memiliki sebuah blog (baru memiliki), tentunya mempunyai hal-hal yang membuat kita bingung, entah itu tutorial nya, istilahnya dan lain-lain, he he karena bagi seorang newbi (pemula) seperti saya, belum banyak tahu tentang istilah-istilah yang ada didunia blogging tersebut, dan ini biasa, saya pun juga masih sering merasa kebingungan dalam banyak hal didunia blogging, dan solusinya saya harus browsing untuk mengetahui apa arti dari istilah tersebut,, berikut ini 22 istilah dalam dunia blogging yang perlu sobat ketahui,

dan semoga dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada dibenak sobat, artikel ini dapat saya sebut sebagai Kamus Seorang Blogger, he he... Selamat Membaca.!!!

22 Istilah yang Perlu Seorang Blogger Ketahui
  1. Moneytize blog adalah sebuah cara mendapatkan uang secara online (make money online) melalui sebuah blog/situs, misalnya : menyediakan space iklan, ppc, membuat toko online (jasa/barang) etc.
  2. SEO merupakan kepanjangan dari Search Engine Optimisation yang artinya sebuah metode-metode yang dilakukan oleh seorang blogger untuk mengoptimasi / mengoptimalkan blog/situs mereka agar dapat menduduki peringkat teratas ataupun halaman pertama di dalam halaman pencarian search engine (google, yahoo, bing dll). Secara garis besar SEO dibagi menjadi dua SEO on-page dan SEO off-page. Untuk lebih jelasnya, silahkan klik artikel saya, yang saya sudah buat dengan judul
  3. SEO On- Page adalah sebuah optimasi yang dilakukan oleh seorang blogger yaitu mengoptimalkan penggunaan tag dan konten sebuah situs.
  4. SEO Off-Page adalah optimasi yang dilakukan dengan factor-faktor eksternal, misalnya jumlah dan kualitas backling, promosi dan lain sebagainya.
  5. Backlink adalah link yang tampil diblog/situs orang lain dan muncul pada halaman utama (homepage) ataupun di halaman lain suatu blog/situs.
  6. Atom adalah sebuah format sindikasi feed yang dikembangkan sebagai alternative RSS. Atom memungkinkan seseorang mendapatkan updates artikel dari sebuah situs/blog ketika ada postingan yang baru.
  7. SERP adalah singkatan dari Search Engine Result Page yang artinya adalah daftar/list dari halaman yang muncul dalam halaman hasil pencarian search engine. Hasilnya biasanya berupa sebuah daftar dari halaman beberapa situs dengan judul, link kehalaman situs, dan sebuah deskripsi singkat yang menunjukan dimana kata kunci yang memiliki kesamaan dengan kata yang dicari.
  8. Page Rank : juga disebut google page ranking, adalah sebuah sistem metric yang digunakan oleh google untuk menilai tingkat kepercayaan sebuah situs/blog. Google page rangking memiliki skala dari mulai 0 sampai 10, yang mana 10 adalah merupakan tingkat tertinggi yang bisa sobat dapatkan,. Nilai page rank ini diupdate setiap 3 bulan sekali oleh google.
  9. Meta tags adalah kode-kode HTML yang ada dibagian halaman sebuah situs/blog. Meta tags ini tidak muncul disetiap halaman posting, sehingga kebanyakan pengunjung tidak pernah melihatnnya. Secara umum meta tags berfungsi untuk memberikan informasi tambahan mengenai kondisi sebuah situs kepada robot mesin pencari.
  10. Tag : hampir sama dengan kategoro, tag berfungsi untuk mengkategorikan sebuah artikel/konten dalam sebuah situs. Tag bersifat lebih fleksibel ketimbang kategori dan biasanya digunakan dengan cara lebih spesifik. Satu artikel biasanya diberikan satu kategori dan banyak tag didalamnnya. 
  11. Newbi : Sebutan bagi pengguna blogger baru.
  12. URL : Kependekan dari Uniform Resource Locator. URL mencakup nama domain dan protokolyang digunakan.
  13. Anchor Text adalah teks yang digunakan didalam back link. Kebanyakan para master SEO sepakat bahwa anchor text merupakan salah satu factor penting yang mempengaruhi posisi rangking sebuah situs atau blog pada hasil pencarian search engine.
  14. Blackhat : Gabungan teknik SEO dan online marketing yang seringkali tidak sesuai dan bahkan kadang illegal dengan tujuan tertentu. Menyembunyikan teks dibalik gambar atau mempergunakan halaman doorway dengan re-diresct adalah contoh teknik-teknik dari blackhar.
  15. Blogroll : adalah sebuah fitur dalam blog yang digunakan sebagai daftar blog-blog orang lain yang direkomendasikan oleh si pemilik blog itu sendiri.
  16. Duplicate Content adalah suatu konten yang hampir sama dengan konten yang lainnya, biasanya karena ada salah satu yang melakukan copas (copy paste), Google dan mesin pencari lainnya sangatlah tidak suka dengan blog yang melakukan copy paste ini, dibuktikan dengan tindakan google men – penalty (memblokir) suatu blog yang melakukan tindakan curang ini (copas)
  17. Social Bookmarking adalah situs yang memungkinkan penggunanya  (pengunjung) untuk menemukan, menyebarluaskan, mengirimkan, menyimpan dan memberikan vote terhadap sebuah artikel dari internet. Artikel ini biasanya dari blog-blog yang mencari tambahan backlink untuk blog nya sendiri.
  18. Alexa rank adalah sebuah situs milik amazon.com (sebuah toko online dunia) yang untuk menyediakan informasi seputar traffic sebuah blog/situs, alexa ranking sebuah blog/situs jika semakin kecil maka akan semakin bagus, sedangkan google page rank kebalikannya dari alexa rank.
  19. Social Networks: Dalam dunia internet, istilah ini merujuk kepada sejumlah situs dan aplikasi, dimana tujuannya adalah untuk memberi kesempatan penggunanya yang memiliki sebuah minat yang sama untuk saling berhubungan, berinteraksi dan berbagi. Contoh popular situs social network adalah MySpace.com dan LinkedIn.com. 
  20. XML: Kependekan dari Extensible Markup Language, yaitu sebuah format teks sederhana dan sangat fleksibel yang diturunkan dari SGML, dan digunakan untuk memudahkan sindikasi informasi dengan menggunakan teknologi RSS.
  21. Widget : Suatu kode portable (biasanya java script atau AdobebeFlash) yang dipasang pada halaman suatu web, dan tentunya widget tersebut mempunyai fungsi tertentu serta menjadi satu bagian dari web tersebut.
  22. Template adalah suatu tampilan (layout) dari suatu blog/situs/website, bahkan lebih luas lagi yaitu tidak hanya sebatas tampilan diblog saja namun di program-program, aplikasi, dll juga ada templatenya.
Mungkin istilah-istilah itu saja, kita sambung lagi di bagian 2 agar lebih efektif, he he.. baca juga artikel saya yang lalu yaitu Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas Dari W3 directory terima kasih
Demikian artikel 22 istilah yang perlu seorang blogger ketahui, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua,, amiin. 
Load disqus comments

0 comments