Syarat Syarat Dasar Sebuah Engine Bekerja

Kita Punya - Syarat Syarat Dasar Sebuah Engine Bekerja. Sebuah mesin atau engine akan dapat hidup dengan baik apabila memenuhi persyaratan tertentu, persyaratan yang akan saya share merupakan syarat utama yang harus dipenuhi agar mesin dapat bekerja. Yaitu sebagai berikut ini :

1. Ada campuran udara dan bahan bakar yang masuk kedalam silinder
Campuran udara dan bahan bakar pada kendaraan yang belum menggunakan sistem EFI, masih menggunakan karburator untuk mencampur dan mengabutkan bahan bakar dan udara. Setelah melalui karburator campuran tersebut kemudian masuk kedalam silinder malalui intake manifold. Tanpa adanya bahan bakar dan udara yang masuk kedalam silinder, maka mesin tidak akan hidup atau bekerja.
 
2. Adanya kompresi yang sesuai.
Agar campuran udara dan bahan bakar yang sudah dimasukkan ke cylinder tersebut bertekanan tinggi dan temperature tinggi maka perlu dikompresikan oleh poston. Campuran yang telah dikompresi ini akan lebih mudah terbakar dan menghasilkan usaha yang besar. Jika kompresi lemah, maka tenaga yang dihasilkan pun juga lemah. Tetapi kompresi yang terlalu tinggi juga tidak baik untuk kendaraan. Untuk itu tekanan kompresi harus sesuai dengan kebutuhan.

3. Adanya saat pengapian yang tepat
Distributor pada Sistem Pengapian
Distributor pada Sistem Pengapian
Pada campuran udara dan bensin yang sudah dikompresikan tersebut perlu diadakan saat pengapian, agar terjadi pembakaran (ledakan) sehingga menimbulkan tenaga yang mendorong piston dari TDC ke BDC (langkah usaha). Saat pengapian merupakan saat dimana busi (spark plug) mulai memercikkan bunga api, sehingga campuran udara dan bahan bakar dapat terbakar dan menghasilkan langkah usaha. Tanpa adanya pengapian yang baik mesin juga tidak akan hidup dengan baik.

Untuk mesin diesel harus ada penyemprotan (injection pump) pada udara yang telah dikompresikan, sehingga dalam cylinder akan terjadi ledakan dan menghasilkan tenaga yang mendorong piston dari TDC ke BDC (langkah usaha).
Load disqus comments

0 comments