Pengertian Knocking, Detonation dan Pre Ignition

Pada kendaraan terdapat gejalan yang menunjukan ketidak normalan suatu mesin dalam bekerja, gejalan tersebut seperti knocking, yang terjadi karena saat pengapian tidak tepat, detonation atau pre ignition. Lanjut saja ke pembahasan utama :

Pengertian Knocking
Knocking adalah pembakaran yang abnormal ditandai dengan adanya suara seperti benda yang terpukul oleh palu. Sebab terjadinya knocking diantaranya adalah ignition timing tidak tepat, detonation dan pre ignition. Knocking dapat mempercepat kerusakan pada mesin, khusunya pada piston, connecting rod, bantalan, piston pin, dan lain sebagainya. Dibawah ini merupakan gambar piston yang berlubang akibat knocking.
Piston Akibat Knocking
Piston Akibat Knocking

Pengertian Detonation
Detonation disebabkan karena adanya hot spot, karbon yang menempel pada ruang bakar, yang kemudian menjadi bara api yang akan menyebapkan campuran udara dan bahan bakar terbakar lebih dahulu sebelum busi memercikan bunga api. Jadi detonation adalah pembakaran gas dan udara sebelum pengapian oleh busi, yang disebapkan menempelnya bara pada silinder.

Pengertian Pre Ignition
Adalah pembakaran abnormal yang terjadi diruang bakar (combustion camber), akibat octan bahan bakar terlalu rendah, sehingga bahan bakar akan terbakar dengan sendirinya, sebelum terjadi bunga api timbul dari busi. Jika nilai octan dari bahan bakar tinggi maka sulit terbakar, dan jika nilai octan dari bahan bakar rendah maka cepat terbakar. Baca disini : Mengenal nilai octane (Octane Number)
Load disqus comments

0 comments