Ekosistem dan Hubungan Antar Komponen Biotik Dan Abiotik

EKOSISTEM DAN HUBUNGAN ANTAR KOMPONEN BIOTIK DAN ABIOTIK
A.   Komponen Penyusun Ekosistem

Ekosistem adalah kesatuan antara komunitas yang membentuk hubungan timbal balik atau saling berinterasi. Ekosistem tersusun atas komponen biotik dan abiotik. Komponen biotik terdiri dari produsen, konsumen dan decomposer. Sedangkan abiotik terdiri dari energy matahari, angin, mineral, oksigen, air dan karbondioksida dll.

Didalam ekosistem terdapat satuan makhluk hidup yang disebut individu, populasi dan komunitas. Individu adalah satuan makhluk hidup yang tunggal. Populasi adalah kumpulan individu sejenis yang hidup pada suatu daerah dan waktu tertentu. Komunitas adalah kumpulan populasi yang berbeda beda yang hidup pada tempat dan waktu tertentu.

B.   Macam macam Ekosistem

Berdasarkan proses terjadinya ekosistem dapat dibedakan menjadi dua yaitu:

  1. Ekosistem alami. Pengertian dari ekosistem alamai yaitu suatu ekosistem yang terjadi tanpa campur tangan manusia atau terjadi secara alami. Contohnya danau, hutan, gurun dll.
  2. Ekosistem buatan. Pengertian dari ekosistem buatan yaitu suatu ekosistem yang terjadi karena dibuat oleh manusia.. contohnya: akuarium, kolam, kebun, sawah dll.
Berdasarkan tempatnya ekosistem dapat dibedakan menjadi;

  1. Ekosistem darat
  2. Ekosistem laut / air asin
  3. Ekosistem air tawar
Dalam ekosistem dikenal adanya habitat. Habitat adalah tempat tinggal makhluk hidup. Berdasarkan kemampuan menyusun makanan, makhluk hidup dapat dibedakan menjadi dua, yaitu makhluk hidup autrotof dan heterotrof. Autrotrof adalah makhluk hidup yang dapat membuat makanannya sendiri contohnya tumbuhan yang dapat berfotosintesis. Sedangkan heterotrof adalah makhluk hidup yang tidak dapat membuat makanannya sendiri, contohnya, hewan dan manusia.


Berdasarkan jenis makanannya, organisme heterotrof dibedakan menjadi tiga yaitu herbivora (pemakan tumbuhan), karnivora (pemakan daging), dan omnivora (pemakan segala).

C.   Saling Ketergantungan

Di dalam ekosistem komponen biotik dan abiotic merupakan satu kesatuan dan saling mempengaruhi, artinya keduanya saling ketergantungan.

1. Saling ketergantungan antara komponen biotik dan abiotic
Tumbuhan hijau memerlukan cahaya mathari untuk melakukan proses fotosintesis. Sebagai bahan fotosintesis diperlukan karbon dioksida, air dan garam garam mineral. Sebaliknya tumbuhan melepaskan oksigen ke udara sebagai salah satu hasil fotosintesis. Jadi dalam hal ini berhubungan timbal balik dengan lingkungannya.

2. Saling ketergantungn antara produsen, konsumen dan pengurai
Dalam ekosistem tumbuhan merupakan produasen yang menghasilkan sumber makanan bagi semua makhluk hidup. Semua makhluk hidup merupakan makanan bagi produsen. Sebagai cintoh tanaman padi dimakan oleh ulat sebagai konsumen 1, kemudian ulat dimakan oleh burung sebagai konsumen 2, kemudian burung mati akan membusuk dan diuraikan oleh pengurai atau decomposer, dan akan menjadi zat zat yang dibutuhkan tumbuhan untuk berfotosintesis. Dari alur tersebut burung mendapatkan makanan dari tanaman padi. Begitu pula tanaman padi secara tidak langsung mendapatkan makanan dariburung yang mati membusuk tadi.

Pada ekosistem dikenal dengan rantai makanan dan jarring jarring makanan. Rantai makanan adalah peristiwa urutan makan dan dimakan antara makhluk hidup yang diawali oleh produsen. Sedangkan jarring jarring makanan adalah hubungan antara rantai makanan yang satu dengan yang lainnya yang mempunyai satu keterkaitan.

D. Pola Interaksi Organisme

Interaksi adalah hubungan makhluk hidup yang satu dengan yang lainnya. Pola interaksi manusia dapat dibedakan menjadi 3, yaitu:

  1. Predasi. Definisi dari predasi adalah suatu interaksi makhluk hidup dimana suatu makhluk hidup memakan makhluk hidup yang lain atau hukum makan dan dimakan. Organisme yang memakan dinamakan predator sedangkan makhluk hidup yang dimakan disebut mangsa.
  2. Kompetisi. Definisinya adalah interaksi antar makhluk hidup yang saling bersaing untuk mendapatkan makanan.
  3. Simbiosis. Pengertiannya adalah hubungan antara dua jenis makhluk hidup yang bersifat saling menguntungkan(mutualisme), satu untung dan satu dirugikan(parasitisme), serta satu untung dan yang satu tidak dirugikan (Komensalisme)
Load disqus comments

0 comments