Bahayanya Jika Tidak Tidur



Bahayanya Jika Tidak Tidur dan Tidur yang Tidak Cukup - Menurut Ibnu al-Qayyim al Jauziyah, tidur adalah adalah suatu  kondisi tubuh yang ditandai meresapnya suhu insting dan kekuatan jiwa ke dalam tubuh untuk mencari ketenangan (istirahat). Dr Abdul Mun’im Abdul Qodir al-Miladi mengatakan, “Tidur adalah satu nikmat Allah kepada makhluknya” Tidur telah dianugrahkan oleh Allah SWT kepada makhluknya. Didalam tidur terdapat tanda tanda kekuasaan dan keagungan Allah SWT. Dalam Q.S. Ar Rum (30) ayat 23 dijelaskan bahwa:
“Dan diantara tanda-tanda kekuasaa-Nya  ialah tidurmu diwaktu malam dan siang hari dan usahamu mencari sebagian dari karunia-Nya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar benar terdapat tanda tanda bagi kaum yang mendengarkan.
Manusia dewasa memerlukan minimal 6 jam waktu tidurnya dalam sehari semalam guna mendapatkan kondisi otak yang jernih. Kebanyakan orang membutuhkan lebih dari batas ini.

Terus manfaat tidur apa sih???
Berikut beberapa manfaat tidur dari aspek Fisiologi:

  • Santainya otot otot dan minimnya aktifitas sel sel saraf sampai titik nol
  • Menurunkan tekanan darah
  • Menenangkan mata
  • Menghilangkan ketegangan otot
  •  Menyimpan kadar glikogen untuk diubah menjadi gula
  • Mengembalikan stamina atau tenaga
  • Menghilangkan letih dan lelah
  • Menenangkan dan mengistirahatkan anggota tubuh setekah mengalami kelelahan
  • Menyembuhkan beberapa penyakit seperti influenza, saraf tegang, dan bingung
  • Membangun jaringan yang telah rusak
Ternyata tidur juga membuat cantik.

Tidur merupakan kunci kecantikan bagi perempuan. Sebab tidur memelihara paras yang cantik dan pembawaan yang cantik. Tidur juga membuang kelelahan tubuh, memainkan peran penting dalam mengatur hormone dan membantu memperbaiki perangkat tubuh, membantu pencernaan, menenangkan saraf dan jantung..
Ternyata  tidak bisa tidur itu bahaya.. what..?

Kondisi tidak bisa tidur, juga memiliki mudharat (bahaya) seperti; timbulnya tanda tanda kelesuan pada seseorang, cepat merasa kecapekan setelah sedikit bekerja, mengurangi ragam kerja, dan ketelitian bekerja, serta mengurangi konsentrasi. Keseimbangan tubuh juga berkurang karena tubuh tidak mendapat kesempatan menata diri, atau bahkan mungkin terkena kondisi kejiwaan yang buruk yang sampai ke taraf gila.
Setelah bahaya tidur, sekarang mudharat jika kurang tidur alias tidur yang tidak cukup. Tidak bisa memenuhi kebutuhan tidur yang cukup juga dapat menimbulkan beberapa gejala penyakit seperti; pening, sakit pada otot, pusing, konsentrasi melemah, saraf tegang, cepat bingung dan risau, kedua mata memerah mengalami, kecapekkan pada otot kedua mata, mata membengkak, munculnya problem pada kulit seperti exim, penyakit kronis, dsb.
Demikian posting bab tidur dari saya.. kurang lebihnya saya mohon maaf.
Load disqus comments

0 comments